Test Konten Push button kelistrikanku TV

Assalamualaikum warrohamtullah wabarakatu

Apa kabar sob... semoga rekan semua selalu dalam keadaan sehat dan bagi yang sakit semoga lekas diangkat penyakitnya aamiin.

Kali ini kita akan menjelaskan mengenai Push button...

APA ITU Push BUTTON apa bang ?

Push button adalah sebuah saklar yang digunakan pada sebuah panel untuk mengaktifkan kontaktor magnet pada panel box

coba lihat contoh panel ini, jangan gagal fokus sama orang di sebelah kirinya ya... hahaha

Jika panel tersebut di buka maka akan dilihat banyak sebuah komponen dan kabel yang saling terhubung. dan salah satu komponen yang ada pada panel box tersebut adalah push button.

Lalu perbedaan push button dengan saklar biasa itu apa ?

Push Button merupakan saklar yang bekerja hanya ketika di tekan saja. Jadi jika saklar biasa seperti di rumah-rumah ketika di tekan satu kali maka dia akan mempertahankan kondisi sambungannya. Push button berbeda.

coba lihat contoh ini...

(animasi pada power point)

saklar rumah ketika di tekan akan mengubah kontak hubung jadi terhubung dan ketika kita sudah tidak menekannya, maka saklar tersebut tetap mempertahankan posisinya.

berbeda dengan push button dimana ketika di tekan dia akan menghubungkan kontak hubung, namun ketika behenti ditekan, maka dia juga berhenti menghubungkan kontak hubung.

Lalu kenapa pada panel box rangkaian kendali motor menggunakan push button ?

panel box biasanya digunakan sebagai wadah rangkaian kendali motor listrik 3 fasa. Dan motor listrik 3 fasa ini memiliki energi listrik yang sangat besar sehingga tidak mungkin kita secara manual menyolokannya langsung pada stop kontak

Terlalu berbahaya dan juga terlalu berat karena sudah pasti ukuran kabel dan stop kontaknya juga bakal gede.

maka dibutuhkan sistem kendali semi otomatis agar kita bisa bekerja dengan lebih aman, dan lebih ringan di kendalikan. 

sistem ini disebut sistem kendali motor listrik 3 fasa

Jadi dengan rangkaian yang sudah kita olah, kita dapat mengendalikan motor listrik yang gede ini dengan lebih aman di jarak yang jauh pula. dengan hanya menekan push button 1 kali saja.

Dan push button berfungsi agar, nanti pada saat listrik padam, maka motor listrik tidak akan langsung bekerja, tetapi harus di start ulang pada panel box dengan cara menekan push button lagi.

Jika menggunakan saklar biasa, 
maka motor listrik akan langsung bekerja ini alasan kenapa pada panel box, lebih sering menggunakan push button

Push button terbagi 3 jenis yaitu '

Push Button start
Push Button Stop
Double Push Button

Push Button Start


Memiliki Kontak Hubung
NO atau Dalam keadaan
Normal terbuka

Maksudnya, ketika push button ini tidak ditekan, kontak hubungnya terputus dan akan terhubung ketika di tekan dan akan kembali terputus jika sudah tidak ditekan. itu push button start

Push button stop


Memiliki Kontak Hubung
NC atau Terhubung pada saat
Normal

Maksudnya, ketik push button ini tidak ditekan, kontak hubungnya terhubung. dan akan terputus jika ditekan dan akan kembali terhubung bila sudah tidak ditekan.

Double Push button


Memiliki 2 Kontak Hubung Yaitu 
NC & NO sekaligus

Jadi ketika kita menekan tombol double push button satu kontak hubung akan terputus sementara satu lagi aka terhubung. dan ketika kita berhenti menekannya, maka kontak hubung akan kembali ke posisi semula.

Double Push button ini biasanya digunakan untuk mengaktifkan dua fungsi kendali sekaligus misalnya pada Rangkaian kendali star delta untuk menghidupkan pengasutan delta sekaligus memutus pengasutan star

Kita akan membahas ini di next episode….

Pengaplikasian Push button


Pengaplikasian psuh button harus di barengi dengan sebuah kontaktor karena fungsi push button pada rangkaian ya,,, untuk menghidupkan kontaktor dan kontaktor mengalirkan listrik pada motor listrik 3 fasa.

Gitulah kira-kira!

untuk melihat pengaplikasian push button, sobat bisa melihat konten saya sebelumnya yang membahas tentang sistem self holding dan interlock atau sistem kendali motor listrik 1 arah putaran. 

Itu dulu saja pembahasan kali ini, bagi sobat yang menilai informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk like, dan share... dan bagi sobat yang tidak ingin ketinggalan informasi mengenai kelistrikan lainnya, jangan lupa untuk subscribe channel kelistrikanku TV

wassalamualaikum warrahmatullah wabarakatu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berproses

Segala sesuatu tergantung dari persepsi